Senin, 13 Desember 2010

hiragana renshuu

donwload

hiragana renshuu
http://www.ziddu.com/download/12958499/hiraganarenshuu.zip.html

Minggu, 12 Desember 2010

http://www.ziddu.com/download/12946677/hiraganalgkap.gif.html
http://www.ziddu.com/download/12946654/115KANA-table.zip.html
http://www.ziddu.com/download/12946634/hiraganapractice.zip.html

Jumat, 03 Desember 2010

DORAEMON
KONNA KOTO IINA  DEKITARA IINA
ANNA YUME KONNA YUME
IPPAI ARU KEDO
MINNA MINNA MINNA
KANAETE KURERU
FUSIGI POKETTO DE
KANAETE KURERU
SORA O JUUNI
TOBITAINA
AN AN AN TOTEMO DAISUKI DORAEMON
98. Mata Pelajaran Bahasa Jepang untuk Sekolah Menengah Atas (SMA)/Madrasah Aliyah (MA) Program Pilihan
A. Latar belakang

Dalam era globalisasi, perkembangan teknologi komunikasi yang sangat cepat menjadikan jarak bukan suatu hambatan untuk mendapatkan informasi dari berbagai penjuru dunia. Oleh karena itu bahasa asing selain bahasa Inggris menjadi penting. Dengan demikian semakin jelas bahwa penguasaan bahasa asing selain bahasa Inggris, dalam hal ini bahasa Jepang, merupakan hal yang sangat mendesak. Banyak informasi ilmu pengetahuan baik di bidang teknik, ilmu-ilmu murni, ekonomi, psikologi maupun seni bersumber dari buku-buku berbahasa Jepang. Selain itu bahasa Jepang merupakan sarana komunikasi dalam pengembangan dunia pariwisata dan bisnis.

Melalui pembelajaran bahasa Jepang dapat dikembangkan keterampilan peserta didik dalam berkomunikasi lisan dan tulisan untuk memahami dan menyampaikan informasi, pikiran, dan perasaan. Dengan demikian mata pelajaran bahasa Jepang diperlukan untuk pengembangan diri peserta didik agar mereka dapat tumbuh dan berkembang menjadi warga negara yang cerdas, terampil, dan berkepribadian Indonesia, dapat mengembangkan ilmu pengetahuan, teknologi, dan budaya serta siap mengambil bagian dalam pembangunan nasional.

Sehubungan dengan hal tersebut di atas, maka standar kompetensi dan kompetensi dasar ini dipersiapkan untuk pencapaian kompetensi awal (dasar) berbahasa Jepang, yang mencakup empat aspek keterampilan bahasa yang saling terkait, yaitu mendengarkan, berbicara, membaca, dan menulis. Alokasi waktu yang disediakan adalah 2 jam per minggu.

Dalam kelas bahasa Jepang peserta didik dimotivasi untuk secara aktif terlibat dalam kegiatan pembelajaran terutama dalam mendalami sejumlah bahan bacaan, baik berupa media cetak maupun media elektronik. Dengan bekal sejumlah pengetahuan tersebut, mereka dapat mempelajari budaya lain dan lebih mengenal budayanya sendiri, sehingga mereka dapat mempelajari suatu konsep dan berpikir secara kritis.

B. Tujuan
Pembelajaran bahasa Jepang di Indonesia bertujuan agar para peserta didik memiliki kemampuan dasar dalam ketrampilan mendengarkan, berbicara, membaca dan menulis untuk berkomunikasi secara sederhana.


C. Ruang Lingkup

Mata Pelajaran Bahasa Jepang terdiri atas bahan yang berupa wacana lisan dan tulisan berbentuk paparan atau dialog sederhana tentang identitas diri, kehidupan sekolah, kehidupan keluarga, kehidupan sehari-hari, hobi, dan wisata untuk melatih keempat aspek kemampuan berbahasa, yaitu mendengarkan, berbicara, membaca dan menulis. Selain itu, termasuk juga pengenalan huruf Hiragana, Katakana, dan Kanji sederhana.




D. Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar

Kelas X, Semester 1

Standar Kompetensi Kompetensi Dasar
Mendengarkan
1. Memahami wacana lisan berbentuk paparan atau dialog sederhana
tentang Identitas Diri



1.1 Mengidentifikasi bunyi, ujaran (kata, frasa atau kalimat) dalam suatu konteks dengan mencocokkan dan membedakan secara tepat


1.2 Memperoleh informasi umum dan atau rinci dari berbagai bentuk wacana lisan sederhana secara tepat

Berbicara
2. Mengungkapkan informasi secara lisan dalam bentuk paparan atau dialog sederhana tentang Identitas Diri
2.1 Menyampaikan informasi secara lisan dengan lafal yang tepat dalam kalimat sederhana sesuai konteks yang mencerminkan kecakapan berbahasa yang santun dan tepat


2.2 Melakukan dialog sederhana dengan lancar dan benar yang mencerminkan kecakapan berkomunikasi dengan santun dan tepat

Membaca
3. Memahami wacana tulis berbentuk paparan atau dialog sederhana tentang Identitas Diri








3.1 Membaca kata, frasa atau kalimat dalam wacana tertulis sederhana dengan huruf (Hiragana, Katakana) secara tepat


3.2 Mengidentifikasi bentuk dan tema wacana sederhana secara tepat


3.3 Memperoleh informasi umum dan atau rinci dari wacana sederhana secara tepat dengan mencari kata kunci informasi umum dan atau rinci

Menulis
4. Mengungkapkan informasi secara tertulis dalam bentuk paparan atau dialog sederhana tentang Identitas Diri
4.1 Menulis kata, frasa dan kalimat dengan huruf (Hiragana, Katakana) yang tepat


4.2 Mengungkapkan informasi secara tertulis dalam kalimat sederhana sesuai wacana, yang mencerminkan kecakapan menggunakan kata, frasa dalam kalimat, dengan huruf (Hiragana, Katakana) dan struktur yang tepat




Kelas X, Semester 2

Standar Kompetensi Kompetensi Dasar
Mendengarkan
5. Memahami wacana lisan berbentuk paparan atau dialog sederhana tentang Kehidupan Sekolah




5.1 Mengidentifikasi bunyi, ujaran (kata, frasa atau kalimat) dalam suatu konteks dengan mencocokkan dan membedakan secara tepat

5.2 Memperoleh informasi umum dan atau rinci dari berbagai bentuk wacana lisan sederhana secara tepat
Berbicara
6. Mengungkapkan informasi secara lisan dalam bentuk paparan atau dialog sederhana tentang Kehidupan Sekolah





6.1 Menyampaikan informasi secara lisan dengan lafal yang tepat dalam kalimat sederhana sesuai konteks yang mencerminkan kecakapan berbahasa yang santun dan tepat

6.2 Melakukan dialog sederhana dengan lancar dan benar yang mencerminkan kecakapan berkomunikasi dengan santun dan tepat

Membaca
7. Memahami wacana tulis berbentuk paparan atau dialog sederhana tentang Kehidupan Sekolah








7.1 Membaca kata, frasa atau kalimat dalam wacana tertulis sederhana dengan huruf (Hiragana, Katakana) secara tepat
7.2 Mengidentifikasi bentuk dan tema wacana sederhana secara tepat

7.3 Memperoleh informasi umum dan atau rinci dari wacana sederhana secara tepat dengan mencari kata kunci, informasi umum dan atau rinci

Menulis
8. Mengungkapkan informasi secara tertulis dalam bentuk paparan atau dialog sederhana tentang Kehidupan Sekolah
8.1 Menulis kata, frasa dan kalimat dengan huruf (Hiragana, Katakana, Kanji Sederhana) yang tepat

8.2 Mengungkapkan informasi secara tertulis dalam kalimat sederhana sesuai wacana yang mencerminkan kecakapan menggunakan kata, frasa dalam kalimat dengan huruf (Hiragana, Katakana, Kanji Sederhana) dan struktur yang tepat


Kelas XI, Semester 1

Standar Kompetensi Kompetensi Dasar
Mendengarkan
1. Memahami wacana lisan berbentuk paparan atau dialog sederhana tentang Kehidupan Keluarga




1.1 Mengidentifikasi bunyi, ujaran (kata, frasa atau kalimat) dalam suatu konteks dengan mencocokkan dan membedakan secara tepat

1.2 Memperoleh informasi umum dan atau rinci dari berbagai bentuk wacana lisan sederhana secara tepat

Berbicara
2. Mengungkapkan informasi secara lisan dalam bentuk paparan atau dialog sederhana tentang Kehidupan Keluarga





2.1 Menyampaikan informasi secara lisan dengan lafal yang tepat dalam kalimat sederhana sesuai konteks yang mencerminkan kecakapan berbahasa yang santun dan tepat

2.2 Melakukan dialog sederhana, dengan lancar dan benar yang mencerminkan kecakapan berkomunikasi dengan santun dan tepat

Membaca
3. Memahami wacana tulis berbentuk paparan atau dialog sederhana tentang Kehidupan Keluarga







3.1 Membaca kata, frasa atau kalimat dalam wacana tertulis sederhana dengan huruf (Hiragana, Katakana) secara tepat

3.2 Mengidentifikasi bentuk dan tema wacana sederhana secara tepat

3.3 Memperoleh informasi umum dan atau rinci dari wacana sederhana secara tepat dengan mencari kata kunci, informasi umum dan atau rinci

Menulis
4. Mengungkapkan informasi secara tertulis dalam bentuk paparan atau dialog sederhana tentang Kehidupan Keluarga
4.1 Menulis kata, frasa dan kalimat dengan huruf (Hiragana, Katakana, Kanji sederhana) yang tepat

4.2 Mengungkapkan informasi secara tertulis dalam kalimat sederhana sesuai wacana yang mencerminkan kecakapan menggunakan kata, frasa dalam kalimat, dengan huruf (Hiragana, Katakana, Kanji sederhana) dan struktur yang tepat


Kelas XI, Semester 2

Standar Kompetensi Kompetensi Dasar

Mendengarkan
5. Memahami wacana lisan berbentuk paparan atau dialog sederhana tentang Kehidupan Sehari – hari





5.1 Mengidentifikasi bunyi, ujaran (kata, frasa atau kalimat) dalam suatu konteks dengan mencocokkan dan membedakan secara tepat

5.2 Memperoleh informasi umum dan atau rinci dari berbagai bentuk wacana lisan sederhana secara tepat


Berbicara
6. Mengungkapkan informasi secara lisan dalam bentuk paparan atau dialog sederhana tentang Kehidupan sehari – hari










6.1 Menyampaikan informasi secara lisan dengan lafal yang tepat dalam kalimat sederhana sesuai konteks yang mencerminkan kecakapan berbahasa yang santun dan tepat

6.2 Melakukan dialog sederhana dengan lancar dan benar yang mencerminkan kecakapan berkomunikasi dengan santun dan tepat
6.3 Menyampaikan pendapat dan perasaan secara lisan dengan lancar sesuai wacana yang mencerminkan kecakapan menggunakan ujaran dengan santun dan tepat


Membaca
7. Memahami wacana tulis berbentuk paparan atau dialog sederhana tentang Kehidupan sehari – hari








7.1 Membaca, kata, frasa atau kalimat dalam wacana tertulis sederhana dengan huruf (Hiragana, Katakana) secara tepat

7.2 Mengidentifikasi bentuk dan tema wacana sederhana secara tepat

7.3 Memperoleh informasi umum dan atau rinci dari wacana sederhana secara tepat dengan mencari kata kunci informasi umum dan atau rinci

Menulis
8. Mengungkapkan informasi secara tertulis dalam bentuk paparan atau dialog sederhana tentang Kehidupan Sehari-hari
8.1 Menulis kata, frasa dan kalimat dengan huruf (Hiragana, Katakana, Kanji sederhana) yang tepat

8.2 Mengungkapkan informasi secara tertulis dalam kalimat sederhana sesuai wacana yang mencerminkan kecakapan menggunakan kata, frasa dalam kalimat, dengan huruf (Hiragana, Katakana, Kanji sederhana) dan struktur yang tepat



Kelas XII, Semester 1

Standar Kompetensi Kompetensi Dasar
Mendengarkan
1. Memahami wacana lisan berbentuk paparan atau dialog sederhana tentang Hobi


1.1 Mengidentifikasi bunyi, ujaran (kata, frasa atau kalimat) dalam suatu konteks dengan mencocokkan dan membedakan secara tepat
1.2 Memperoleh informasi umum dan atau rinci dari berbagai bentuk wacana lisan sederhana secara tepat
Berbicara
2. Mengungkapkan informasi secara lisan dalam bentuk paparan atau dialog sederhana tentang Hobi






2.1 Menyampaikan informasi secara lisan dengan lafal yang tepat dalam kalimat sederhana sesuai konteks yang mencerminkan kecakapan berbahasa yang santun dan tepat
2.2 Melakukan dialog sederhana, dengan lancar dan benar yang mencerminkan kecakapan berkomunikasi dengan santun dan tepat
2.3 Menyampaikan pendapat dan perasaan secara lisan dengan lancar sesuai wacana yang mencerminkan kecakapan menggunakan ujaran dengan santun dan tepat
Membaca
3. Memahami wacana tulis berbentuk paparan atau dialog sederhana tentang Hobi



3.1 Membaca kata, frasa atau kalimat dalam wacana tertulis sederhana dengan huruf (Hiragana, Katakana) secara tepat
3.2 Mengidentifikasi bentuk dan tema wacana sederhana secara tepat
3.3 Memperoleh informasi umum dan atau rinci dari wacana sederhana, secara tepat dengan mencari kata kunci, informasi umum dan atau rinci









Standar Kompetensi Kompetensi Dasar
Menulis
4. Mengungkapkan informasi secara tertulis dalam bentuk paparan atau dialog sederhana tentang Hobi
4.1 Menulis kata, frasa dan kalimat dengan huruf (Hiragana, Katakana, Kanji sederhana) yang tepat
4.2 Mengungkapkan informasi secara tertulis dalam kalimat sederhana sesuai wacana, yang mencerminkan kecakapan menggunakan kata, frasa dalam kalimat, dengan huruf (Hiragana, Katakana, Kanji sederhana) dan struktur yang tepat
4.3 Mengungkapkan pendapat, perasaan secara tertulis, dengan lancar yang mencerminkan kecakapan menulis dengan tepat


Kelas XII, Semester 2

Standar Kompetensi Kompetensi Dasar
Mendengarkan
5. Memahami wacana lisan berbentuk paparan atau dialog sederhana tentang Wisata




5.1 Mengidentifikasi bunyi, ujaran (kata, frasa atau kalimat) dalam suatu konteks dengan mencocokkan dan membedakan secara tepat
5.2 Memperoleh informasi umum dan atau rinci dari berbagai bentuk wacana lisan dalam kalimat sederhana secara tepat
Berbicara
6. Mengungkapkan informasi secara lisan dalam bentuk paparan atau dialog sederhana tentang Wisata






6.1 Menyampaikan informasi secara lisan dalam kalimat sederhana sesuai wacana, yang mencerminkan kecakapan berbahasa yang santun dan tepat
6.2 Melakukan dialog sederhana dengan lancar dan benar yang mencerminkan kecakapan berkomunikasi dengan santun dan tepat
6.3 Menyampaikan pendapat dan perasaan secara lisan dengan lancar sesuai wacana yang mencerminkan kecakapan menggunakan ujaran dengan santun dan tepat
Membaca
7. Memahami wacana tulis berbentuk paparan atau dialog sederhana tentang Wisata




7.1 Membaca kata, frasa atau kalimat dalam wacana tertulis sederhana dengan huruf (Hiragana, Katakana) secara tepat
7.2 Mengidentifikasi bentuk dan tema wacana sederhana secara tepat
7.3 Memperoleh informasi umum dan atau rinci dari wacana sederhana secara tepat dengan mencari kata kunci, informasi umum dan atau rinci
Menulis
8. Mengungkapkan informasi secara tertulis dalam bentuk paparan atau dialog sederhana tentang Wisata
8.1 Menulis kata, frasa dan kalimat dengan huruf (Hiragana, Katakana, Kanji sederhana) yang tepat
8.2 Mengungkapkan informasi secara tertulis dalam kalimat sederhana sesuai konteks, yang mencerminkan kecakapan menggunakan kata, frasa, dengan huruf (Hiragana, Katakana, Kanji sederhana) dan struktur yang tepat
8.3 Mengungkapkan pendapat, perasaan secara tertulis, dengan lancar yang mencerminkan kecakapan menulis dengan tepat



E. Arah Pengembangan

Standar kompetensi dan kompetensi dasar menjadi arah dan landasan untuk mengembangkan materi pokok, kegiatan pembelajaran, dan indikator pencapaian kompetensi untuk penilaian. Dalam merancang kegiatan pembelajaran dan penilaian perlu memperhatikan Standar Proses dan Standar Penilaian.