Kamis, 17 Juni 2010

SILABUS BAHASA JEPANG
Nama Sekolah : SMA Kesatrian 2
Mata Pelajaran : Bahasa Jepang
Kelas : X
Semester : 1
Aspek : Mendengarkan/Berbicara/Membaca/Menulis

Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Materi Pembelajaran
Indikator
Kegiatan Pembelajaran
Penilaian Alokasi Waktu
(menit) Sumber
Belajar
1 2 3 4 5 6 7 8
MENDENGARKAN
1. Memahami wacana lisan berbentuk paparan atau dialog sederhana tentang Iidentitas diri, Kehidupan sekolah





















1.1 Mengidentifikasi bunyi, ujaran(kata,frase atau kalimat) dalam suatu wacana dengan mencocokkan dan membedakan secara tepat.




1.2 Memperoleh informasi umum dan atau rinci dari berbagai bentuk wacana lisan sederhana secara tepat.


HURUF DAN BUNYI BAHASA JEPANG
(Hiragana dan Katakana)

IDENTITAS DIRI
- Mengucapkan salam おはよう(ございます);こんにちは;こんばんは;さようなら;では/
じゃ,また;(では)また,あした/
らいしゅう;おやすみなさい;
おひさしぶりですね;
- Menyatakan, menanyakan nama diri わたしはアリです。/  おなまえは。
- Menyatakan status (siswa)   わたしはいちねんせいです。/わたしたちはSMAN1のせいとです。
- Menyatakan perkenalan diri:はじめまして。わたしはアリです。SMAN1の せいとです。どうぞよろしく(おねがいします)。
- Menyatakan nama orang lain: こちらはトノさんです。
- Menyatakan perkenalan orang lain:みなさん、こちらトノさんです。 Mendengarkan
1.1.1 Melafalkan huruf/kata/ frase dengan tepat
1.1.2 Membedakan bunyi huruf dari kosakata yang mirip
1.1.3 Mencocokkan ujaran dengan gambar.
1.1.4 Mencocokkan ujaran dengan tulisan.
1.1.5 Mencocokkan ujaran dengan huruf/ kata/frase yang tepat.
1.1.6 Mencocokkan gambar dengan isi wacana
1.2.1 Memilih jawaban tepat dari pilihan jawaban yang disediakan.
1.2.2 Menjawab mengenai isi wacana.
1.2.3 Menuliskan jawaban yang tepat

o Mendengarkan bunyi huruf Jepang (Hiragana dan Katakana).
o Menirukan bunyi huruf/kata dengan tepat.
o Menentukan bunyi /huruf/ kata/ujaran yang tepat.
o Menulis huruf/kata sesuai kaidah yang benar.
o Menulis huruf/kata/ujaran yang tepat

o Mendengarkan wacana lisan dalam bentuk monolog/dialog dengan menggunakan berbagai media (ucapan guru, tape dll.).
o Menentukan jawaban yang tepat mengenai isi wacana.
o Menuliskan jawaban yang tepat mengenai isi wacana dengan tepat.


Klasikal, kelompok, individual, di dalam kelas
Jenis:
- Tugas individu
- Ulangan harian
- Tes praktek








Jenis:
- Tugas individu
- Ulangan harian
- Tes praktek
Bentuk: Memilih kata, melengkapi kata,
16x45’



8x45’ Buku, kaset penunjang sesuai tema, kartu huruf, gambar. (Contoh:Buku Pelajaran Bahasa Jepang 1
Tema 1,
Buku Pelajaran Bahasa Jepang 1
Tema 2)
BERBICARA
2. Mengungkapkan informasi secara lisan dalam bentuk paparan atau dialog sederhana tentang Identitas diri, Kehidupan sekolah












MEMBACA
3. Memahami wacana tulis berbentuk paparan atau dialog sederhana tentang Identitas diri, Kehidupan sekolah

BERBICARA
2.1 Peserta didik mampu menyampaikan berbagai informasi secara lisan dengan lafal yang tepat dalam kalimat sederhana sesuai konteks, yang mencerminkan kecakapan berbahasa yang santun dan tepat.

2.2 Peserta didik mampu melakukan dialog sederhana, dengan lancar dan benar yang mencerminkan kecakapan berkomunikasi dengan santun dan tepat.

MEMBACA
3.1 Mengidentifikasi bentuk dan tema wacana sederhana, secara tepat.




3.2 Memperoleh informasi umum, informasi tertentu dan atau rinci dari wacana tulis sederhana.
- Menyatakan, menanyakan dan menjawab kewarganegaraan/asal negara/ daerah:
わたしはインドネシアじんです。/アリさんはインドネシアのかたです。/インドネシア
じんですか。/いいえ、にほんじんです。/おくには。/
インドネシアです。/
ごしゅっしんは。/
スラバヤです。
- Menyatakan, menanyakan dan menjawab pekerjaan:
いしゃ; きょうし;エンジニアdll. /おしごとは。
- Menyatakan, menanyakan dan menjawab tempat tinggal:   わたしはソロにすんでいます。/どこにすんでいますか。
- Menanyakan/ menjawab
keadaan: げんきですか; はい、げんきです
- Menyatakan, menanyakan dan menjawab nomor telepon:
でんわばんごうは0542 – 712 -698 です。/でんわばんごうはなんばんですか。
- Kosakata lain:いいえ
- Ungkapan lain:
しつれいですが; 
ああ、そうですか;
Berbicara
2.1.1 Menirukan ujaran frasa/kalimat dengan tepat.
2.1.2 Memilih jawaban yang benar sesuai konteks.
2.1.3 Menjawab dengan benar sesuai konteks.
2.1.4 Menyampaikan informasi sederhana sesuai konteks.

2.2.1 Berdialog sesuai konteks.
2.2.2 Mengajukan pertanyaan sesuai konteks.
2.2.3 Menjawab pertanyaan sesuai konteks.
2.2.4 Menggunakan ungkapan dan sikap tubuh yang benar

Membaca
3.1.1 Menentukan bentuk wacana tulis.
3.1.2 Memilih tema wacana tulis.

3.2.1 Menjawab pertanyaan mengenai isi wacana.
3.2.2 Menafsirkan makna kata/ungkapan sesuai konteks.
3.2.3 Mencocokkan tulisan dengan gambar dsb.
o Mendengarkan wacana lisan.
o Mengulangi/menirukan kata/frasa/kalimat dengan lafal dan intonasi yang tepat.
o Menjawab secara lisan mengenai isi wacana dengan tepat.
o Menceritakan kembali isi wacana sesuai konteks.
o Bercerita sesuai konteks.


o Bertanya-jawab sesuai konteks.
o Mewawancarai sesama teman.
o Memaparkan hasil wawancara.
o Mendramatisasikan dialog sesuai konteks.

o Mengenal bentuk wacana tulis.
o Menentukan tema wacana tulis.

o Memahami kosakata/pola kalimat dari wacana.
o Menjawab pertanyaan arahan.
o Membaca wacana tulis.
o Menentukan informasi yang diperlukan.
o Menyusun kalimat menjadi wacana.

Jenis:
- Tugas individu
- Tes Praktek
(Demonstrasi)






Jenis:
- Tugas individu.
- Tes praktek
Bentuk: Wawancara, bermain peran, dan
demonstrasi



Jenis:
- Jenis:
- Tugas individu/ kelompok
Bentuk: Diskusi kelompok,

Jenis:
- Tugas individu/ kelompok
- Ulangan harian,
Bentuk:Memilih, menjawab.



MENULIS
4. Mengungkapkan informasi secara tertulis dalam bentuk paparan atau dialog sederhana tentang Identitas Diri, Kehidupan sekolah 3.3 Membaca nyaring kata, frasa dan atau kalimat dalam wacana tertulis sederhana dengan tepat.

MENULIS
4.1 Menulis kata, frasa, dan kalimat dengan huruf, ejaan dan tanda baca yang tepat.

4.2 Mengungkapkan informasi secara tertulis dalam kalimat sederhana sesuai konteks, yang mencerminkan kecakapan menggunakan kata,frasa dengan huruf, ejaan , tanda baca dan struktur yang tepat.


KEHIDUPAN SEKOLAH
Barang-barang
- Menyatakan, menanyakan dan menjawab benda-benda:     えんぴつです。/えんぴつですか。/はい、そうです。/いいえ、ちがいます。/これ・それ・あれはえんぴつですか。/これ・それ・あれはなんですか。
- Menyatakan, menanyakan dan menjawab kepemilikan benda: これはわたしのえんぴつです。/だれのえんぴつですか。 
- Menyatakan penyangkalan: これはトノさんのえんぴつではありません。




3.3.1 Melafalkan kata/frasa /kalimat dengan tepat.
3.3.2 Membaca nyaring frasa /kalimat dengan intonasi dan lafal yang tepat.

MENULIS
4.1.1 Menulis huruf/ kata/frase dengan huruf yang tepat

4.2.1 Menentukan kosakata yang tepat sesuai konteks
4.2.2 Menyusun kata / frasa acak menjadi kalimat dengan struktur yang tepat
4.2.3 Menyusun frasa/kalimat acak yang tersedia menjadi wacana
4.2.4 Menulis wacana sederhana sesuai materi dengan tanda baca yang tepat o Membaca wacana secara nyaring.




o Menyusun kata menjadi kalimat atau kalimat menjadi wacana sesuai gambar.
o Menulis kata/frasa/ kalimat dengan huruf yang sesuai dan tepat dengan kaidah yang benar melalui ujaran atau gambar.
o Melengkapi wacana yang rumpang dengan kata-kata.

o Melengkapi wacana dengan kosakata yang tersedia dengan tepat
o Menyusun frasa atau kalimat menjadi paragraf
o Membuat cerita berdasarkan gambar.
o Membuat cerita berdasarkan gambar.
o Membuat wacana pendek sesuai tema
Jenis:
- Tugas individu/ kelompok
Bentuk: Membaca

Jenis:
- Tugas individu/
kelompok
- Tes Praktek
Bentuk: Menyalin, melengkapi wacana

Jenis:
- Tugas individu/ kelompok,
- Tes praktek
Bentuk: Mengisi rumpang, membuat karangan
10x 45’
(17minggu x 2jam
dibagi sesuai bobot materi)
Buku, kaset penunjang sesuai tema, kartu huruf, gambar. (Contoh: Buku Pelajaran Bahasa Jepang 1, tema 3)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar