Kamis, 17 Juni 2010

TATTEKUDASAI.doc
SILABUS BAHASA JEPANG
Nama Sekolah : SMA Kesatrian 2
Mata Pelajaran : Bahasa Jepang
Kelas : XI IPA-IPS
Semester : 2
Aspek : Mendengarkan/Berbicara/Membaca/Menulis

Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Indikator
Pengalaman Belajar
Penilaian Alokasi Waktu
(menit) Sumber/
Bahan/
Alat
1 2 3 4 5 6 7
Mendengarkan
5. Memahami wacana lisan berbentuk paparan atau dialog sederhana tentang kehidupan sehari-hari.

5.1 Mengidentifikasi bunyi, ujaran(kata,frase atau kalimat) dalam suatu wacana dengan mencocokkan dan membedakan secara tepat.






5.2 Memperoleh informasi umum dan atau rinci dari berbagai bentuk wacana lisan sederhana secara tepat.

KEHIDUPAN SEHARI-HARI
Waktu senggang
- Menyatakan, menanyakan dan menjawab kegiatan pada waktu senggang: ともだちとえいがをみます。
- Menyatakan, frekuensi kegiatan: まいしゅうスーパーへ行きます。
Kegiatan Lampau
- Menyatakan, menanyakan dan menjawab kegiatan lampau: きのうテレビを見ました。/けさ何をしましたか。
- Menyatakan, menanyakan dan menjawab lamanya berkegiatan: きのう2時かんべんきょうしました。/どのぐらいしゅくだいをしましたか。
- Menyatakan, kegiatan yang berurutan サッカーをして、  うちへかえります。 Mendengarkan
5.1.1. Melafalkan huruf/kata/ frase dengan tepat
5.1.2. Membedakan bunyi huruf dari kosakata yang mirip
5.1.3. Mencocokkan ujaran dengan gambar.
5.1.4. Mencocokkan ujaran dengan tulisan.
5.1.5. Mencocokkan ujaran dengan huruf/ kata/frase yang tepat.



5.2.1. Mencocokkan gambar dengan isi wacana
5.2.2. Memilih jawaban tepat dari pilihan jawaban yang sediakan.
5.2.3. Menjawab mengenai isi wacana.
5.2.4. Menuliskan jawaban yang tepat

o Mendengarkan bunyi huruf Jepang (Hiragana dan Katakana) dalam kosakata/ungkapan/ kalimat.
o Menirukan bunyi huruf/kata dengan tepat.
o Menentukan bunyi /huruf/ kata yang tepat.
o Menulis huruf/kata sesuai kaidah yang benar.


o Mendengarkan wacana lisan dengan menggunakan berbagai media (ucapan guru, tape dll.).
o Menentukan jawaban yang tepat mengenai isi wacana.
o Menuliskan jawaban yang tepat mengenai isi wacana dengan tepat.
Klasikal, kelompok, individual, di dalam kelas

Jenis:
-Tugas individu,
- ulangan harian,
- Praktek









Jenis:
- Tugas individu
- Ulangan harian
- Tes praktek
Bentuk: Memilih kata, melengkapi kata,


34x45’
Buku Pelajaran Bahasa Jepang 1
Tema 4










Buku Pelajaran Bahasa Jepang 1
Tema 5
Berbicara
6. Mengungkapkan informasi secara lisan dalam bentuk paparan atau dialog sederhana tentang kehidupan sehari-hari.









Membaca
7. Memahami wacana tulis berbentuk paparan atau dialog sederhana tentang kehidupan sehari-hari.
6.1 Menyampaikan berbagai informasi secara lisan dengan lafal yang tepat dalam kalimat sederhana sesuai konteks yang mencerminkan kecakapan berbahasa yang santun.
6.2 Melakukan dialog sederhana dengan lancar dan tepat yang mencerminkan kecakapan berkomunikasi santun.




7.1 Mengidentifikasi bentuk dan tema wacana tulis sederhana secara tepat.


7.2 Memperoleh berbagai informasi umum dan atau rinci dari wacana tulis sederhana secara tepat. Berbelanja
- Menyatakan, menanyakan dan menjawab tempat berbelanja: シャツは1かいにあります。/なんがいにありますか。
- Menyatakan, menanyakan dan menjawab harga barang:
10.000ルピアです。/カメラはいくらですか。
- Menyatakan, menanyakan dan menjawab tempat berbelanja: スーパーでパンをかいました。/どこでかいましたか。
Makanan dan minuman
- Menyatakan, menanyakan dan menjawab memesan makanan, minuman: ジュースを1つ ください。/おねがいします。
- Menyatakan, menanyakan dan menjawab pilihan: すしにします。/何にしますか。
- Menyatakan, menanyakan dan enjawab kesan atas makanan, minuman: このりょうりはとてもおいしいです。/このアヤム・ ゴレンはどうですか。
Berbicara
6.1.1. Memilih jawaban yang benar sesuai konteks.
6.1.2. Menjawab dengan benar sesuai konteks.
6.1.3. Menyampaikan informasi sederhana sesuai konteks.

6.2.1. Berdialog sesuai tema.
6.2.2. Mengajukan pertanyaan sesuai konteks
6.2.3. Menjawab pertanyaan sesuai konteks
6.2.4. Menggunakan ungkapan dan sikap tubuh yang benar

Membaca
7.1.1. Menentukan bentuk wacana tulis
7.1.2. Memilih tema wacana tulis




7.2.1. Menjawab pertanyaan mengenai isi wacana.
7.2.2. Menafsirkan makna kata/ungkapan sesuai konteks
7.2.3. Mencocokkan tulisan dengan gambar dsb.


o Mendengarkan monolog / dialog .
o Menentukan jawaban yang tepat secara lisan mengenai isi monolog.
o Menceritakan sesuai konteks.


o Bertanya-jawab sesuai konteks.
o Mendramatisasikan dialog sesuai konteks.






o Mengenal berbagai bentuk wacana tulis.
o Menentukan tema wacana tulis.

o Membaca wacana
o Menentukan informasi yang diperlukan
Jenis:
-Tugas individu,
- Praktek
Bentuk: bermain peran, demonstrasi


Jenis:
- Tugas individu/ kelompok.
- Tes praktek
Bentuk: Wawancara, bermain peran, dan
Demonstrasi

Jenis:
- Tugas individu/ kelompok
Bentuk: Diskusi kelompok,

Jenis:
- Tugas individu/ kelompok
- Ulangan harian,
Bentuk:Memilih, menjawab.


Tugas individu, ulangan




Menulis
8. Mengungkapkan informasi sederhana secara tertulis dalam bentuk paparan atau dialog tentang kehidupan sehari-hari. 7.3 Membaca nyaring kata, frasa dan atau kalimat dalam wacana tulis sederhana dengan huruf (Hiragana, Katakana, Kanji) secara tepat.

8.1 Menulis kata, frasa dan kalimat dengan huruf Hiragana, Katakana, Kanji) yang tepat.





8.2 Mengungkapkan berbagai informasi secara tertulis dalam kalimat sederhana sesuai konteks, yang mencerminkan kata, frase dalam kalimat dengan huruf dan struktur yang tepat.










Keadaan kota
- Menyatakan, menanyakan dan menjawab lokasi tempat:ほんやはくつやのとなりにあります。/ほんやどこにありますか。
- Menyatakan arah menuju lokasi: はなやのかどを右/左にまがってください。
- Menyatakan, menanyakan dan menjawab kondisi kota:ジャカルタはしずかではありません。/レンバンはすずしいところです。/とうきょうはどんなまちですか。



7.3.1. Melafalkan kata/frasa /kalimat dengan tepat
7.3.2. Melafalkan kata/frasa /kalimat dengan intonasi yang tepat

MENULIS
8.1.1. Menulis huruf/ kata/frase dengan huruf yang tepat






8.2.1. Menentukan kosakata yang tepat sesuai konteks
8.2.2. Menyusun kata / frasa menjadi kalimat dengan struktur yang tepat
8.2.3. Menyusun frasa/kalimat yang tersedia menjadi wacana
8.2.4. Menulis wacana sederhana mengenai identitas diri dengan tanda baca yang tepat
o Membaca wacana secara nyaring.





o Menulis dengan huruf yang sesuai dan tepat dengan kaidah yang benar.

o Menentukan informasi yang diperlukan.
o Menulis wacana sesuai konteks






Klasikal, kelompok, individual, di dalam kelas Jenis:
- Tugas individu/ kelompok
Bentuk: Membaca


Jenis:
- Tugas individu/
kelompok
- Tes Praktek
Bentuk: Menyalin, melengkapi wacana

Jenis:
- Tugas individu/ kelompok,
- Tes praktek
Bentuk: Mengisi rumpang, membuat karangan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar