Kamis, 17 Juni 2010

SILABUS BAHASA JEPANG
Nama Sekolah : SMA Kesatrian 2
Mata Pelajaran : Bahasa Jepang
Kelas : X
Semester : 2
Aspek : Mendengarkan/Berbicara/Membaca/Menulis

Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Materi Pembelajaran
Indikator
Kegiatan Pembelajaran
Penilaian Alokasi Waktu
(menit) Sumber
belajar
1 2 4 3 5 6 7
MENDENGARKAN
5. Memahami wacana lisan berbentuk paparan atau dialog sederhana tentang Kehidupan sekolah.





















5.1. Mengidentifikasi bunyi, ujaran(kata,frase atau kalimat) dalam suatu wacana dengan mencocokkan dan membedakan secara tepat.




5.2. Memperoleh informasi umum dan atau rinci dari berbagai bentuk wacana lisan sederhana secara tepat.

KEHIDUPAN SEKOLAH
(lanjutan)
Di dalam kelas
- Menyatakan, menanyakan dan menjawab benda yang ada di dalam kelas: きょうしつにとけいがあります。/きょうしつになにがありますか。
- Menyatakan, menanyakan dan menjawab benda yang ada di posisi tertentu:つくえのうえに ほんがあります。/つくえの 上になにがありますか。 
- Menyatakan, menanyakan dan menjawab benda yang lain:  ちずもあります。     
- Menyatakan beberapa benda yang ada: ほんとえんぴつがあります。/とけいや カレンダーなどがあります。
- Menyatakan, menanyakan dan menjawab posisi letak benda:  アリさんのほんはかばんの 中にあります。/アリさんの ほんはどこにありますか。 Mendengarkan
5.1.1. Melafalkan huruf/kata/ frase dengan tepat
5.1.2. Membedakan bunyi huruf dari kosakata yang mirip
5.1.3. Mencocokkan ujaran dengan gambar.
5.1.4. Mencocokkan ujaran dengan tulisan.
5.1.5. Mencocokkan ujaran dengan huruf/ kata/frase yang tepat.

5.2.1. Mencocokkan gambar dengan isi wacana
5.2.2. Memilih jawaban tepat dari pilihan jawaban yang disediakan.
5.2.3. Menjawab mengenai isi wacana.
5.2.4. Menuliskan jawaban yang tepat
o Mendengarkan bunyi huruf Jepang (Hiragana dan Katakana).
o Menirukan bunyi huruf/kata dengan tepat.
o Menentukan bunyi /huruf/ kata/ujaran yang tepat.
o Menulis huruf/kata sesuai kaidah yang benar.
o Menulis huruf/kata/ujaran yang tepat

o Mendengarkan wacana lisan dengan menggunakan berbagai media (ucapan guru, tape dll.).
o Menentukan jawaban yang tepat mengenai isi wacana.
o Menuliskan jawaban yang tepat mengenai isi wacana.


Klasikal, kelompok, individual, di dalam kelas Jenis:
- Tugas individu
- Ulangan harian
- Tes praktek








Jenis:
- Tugas individu
- Ulangan harian
- Tes praktek
Bentuk: Memilih kata, melengkapi kata,

34 x 45’














Buku Pelajaran Bahasa Jepang 1
Tema 3
BERBICARA
6. Mengungkapkan informasi secara lisan dalam bentuk paparan atau dialog sederhana tentang kehidupan sekolah.












MEMBACA
7. Memahami wacana tulis berbentuk paparan atau dialog sederhana tentang kehidupan sekolah.

BERBICARA
6.1. Menyampaikan berbagai informasi secara lisan dengan lafal yang tepat dalam kalimat sederhana sesuai konteks, yang mencerminkan kecakapan berbahasa yang santun dan tepat.

6.2. Melakukan dialog sederhana, dengan lancar dan benar yang mencerminkan kecakapan berkomunikasi dengan santun dan tepat


MEMBACA
7.1. Mengidentifikasi bentuk dan tema wacana sederhana, secara tepat.

7.2. Memperoleh informasi umum, informasi tertentu dan atau rinci dari wacana tulis sederhana.
Lingkungan Sekolah
- Menyatakan, menanyakan dan menjawab ruang di sekolah:  ここはきょうしつです。/ ここはなんですか。
- Menyatakan, menanyakan dan menjawab letak ruangan:     トイレはここ・そこ・あそこです。/きょうしつのとなりです。/ トイレはどこですか。
- Menyatakan, menanyakan dan menjawab orang yang ada:   アデさんのまえにアリさんが います。/アデさんのまえに だれがいますか。
- Menyatakan, menanyakan dan menjawab posisi keberadaan orang:やまださんはしょくどうにいます。/やまださんはどこにいますか。
Kalender sekolah
- Menyatakan, menanyakan dan menjawab tanggal/bulan: 1月です。/なん月ですか。/1日です。/なん日ですか。/たんじょうびはなん月なん日ですか Berbicara
6.1.1. Menirukan ujaran frasa/kalimat dengan tepat.
6.1.2. Memilih jawaban yang benar sesuai konteks.
6.1.3. Menjawab dengan benar sesuai konteks
6.1.4. Menyampaikan informasi sederhana sesuai konteks.

6.2.1. Berdialog sesuai konteks.
6.2.2. Mengajukan pertanyaan sesuai konteks
6.2.3. Menjawab pertanyaan sesuai konteks
6.2.4. Menggunakan ungkapan dan sikap tubuh yang benar


Membaca
7.1.1. Menentukan bentuk wacana tulis
7.1.2. Menentukan tema wacana tulis

7.2.1. Menjawab pertanyaan mengenai isi wacana.
7.2.2. Menafsirkan makna kata/ungkapan sesuai konteks.
7.2.3. Mencocokkan tulisan dengan gambar dsb..


o Menirukan ujaran frasa/kalimat dengan tepat.
o Memilih jawaban yang benar sesuai konteks.
o Menjawab dengan benar sesuai konteks
o Menyampaikan informasi sederhana sesuai konteks.


o Berdialog sesuai konteks.
o Mengajukan pertanyaan sesuai konteks
o Menjawab pertanyaan sesuai konteks
o Menggunakan ungkapan dan sikap tubuh yang benar


o Mengenal bentuk wacana tulis.
o Menentukan tema wacana tulis.

o Memahami kosakata/pola kalimat dari wacana.
o Menjawab pertanyaan arahan.
o Membaca wacana tulis.
o Menentukan informasi yang diperlukan
o Menyusun kalimat menjadi wacana.
Jenis:
- Tugas individu
- Tes Praktek (demonstrasi)





Jenis:
- Tugas individu/ kelompok.
- Tes praktek
Bentuk: Wawancara, bermain peran, dan
Demonstrasi




Jenis:
- Tugas individu/ kelompok
Bentuk: Diskusi kelompok,

Jenis:
- Tugas individu/ kelompok
- Ulangan harian,
Bentuk:
Memilih, menjawab.



MENULIS
8. Mengungkapkan informasi secara tertulis dalam bentuk paparan atau dialog sederhana tentang kehidupan sekolah 7.3 Membaca nyaring kata, frasa dan atau kalimat dalam wacana tertulis sederhana dengan tepat.

MENULIS
8.1 Menulis kata, frasa, dan kalimat dengan huruf, ejaan dan tanda baca yang tepat.




8.2 Mengungkapkan informasi secara tertulis dalam kalimat sederhana sesuai konteks, yang mencerminkan kecakapan menggunakan kata,frasa dengan huruf, ejaan , tanda baca dan struktur yang tepat.







- Menyatakan, menanyakan dan menjawab nama hari:     きょうは日よう日です。/   テストはなんよう日ですか。
- Menyatakan, menanyakan dan menjawab nama hari:     きょうは日よう日です。/   テストはなんよう日ですか。
- Menyatakan, menanyakan dan menjawab jadwal kegiatan sekolah:がっこうは7月から6月までです。/インドネシアのがっこうはなんがつからなん月までですか。/テストはなん日からなん日までですか。
Jadwal Pelajaran
- Menyatakan, menanyakan dan menjawab waktu:いま8じです。/ごぜん8じ15ふんです。/いまなんじですか。
7.3.1. Melafalkan kata/frasa /kalimat dengan tepat.
7.3.2. Membaca nyaring frasa /kalimat dengan intonasi dan lafal yang tepat.

8.1.1. Menulis huruf/ kata/frase dengan huruf yang tepat

8.2.1. Menentukan kosakata yang tepat sesuai konteks
8.2.2. Menyusun kata / frasa menjadi kalimat dengan struktur yang tepat
8.2.3. Menyusun frasa/kalimat yang tersedia menjadi wacana
8.2.4. Menulis wacana sederhana sesuai materi dengan tanda baca yang tepat
o Membaca wacana secara nyaring.




o Menyusun kata menjadi kalimat atau kalimat menjadi wacana sesuai gambar.
o Menulis kata/frasa/ kalimat dengan huruf yang sesuai dan tepat dengan kaidah yang benar melalui ujaran atau gambar.
o Melengkapi wacana yang rumpang dengan kata-kata.

o Melengkapi wacana dengan kosakata yang tersedia dengan tepat.
o Menyusun frasa atau kalimat menjadi paragraf
o Membuat cerita berdasarkan gambar.
o Membuat wacana pendek sesuai tema.

Klasikal, kelompok, individual, di dalam kelas Jenis:
- Tugas individu/ kelompok
Bentuk: Membaca

Jenis:
- Tugas individu/
kelompok
- Tes Praktek
Bentuk: Menyalin, melengkapi wacana





Jenis:
- Tugas individu/ kelompok,
- Tes praktek
Bentuk: Mengisi rumpang, membuat karangan

- Menyatakan, menanyakan dan menjawab jadwal pelajaran: 月よう日に日本ごをべんきょうします。/なんよう日に日本ごをべんきょうしますか。/日本ごは月よう日と水よう日にあります。/日本ごはなんよう日にありますか。/日本ごは水よう日の5じかんめにあります。/日本ごは月よう日のなんじかんめにありますか。
- Menyatakan, menanyakan dan menjawab kesan mengenai kegiatan sekolah: 日本ごはおもしろいです。/日本ごのじゅぎょうはどうですか。
- Menyatakan kegiatan yang dilakukan di sekolah: 本をよみます。dll.
- Menyatakan, menanyakan dan menjawab tempat dilakukannya kegiatan di sekolah: としょしつで本をよみます。/どこで本をよみますか。

Tidak ada komentar:

Posting Komentar